Selasa, 17 Juni 2014

Mata Bor

Mata bor merupakan alat yang cocok untuk membuat lubang yang presisi. Dapat dipergunakan untuk bahan kayu, plastik, tembok ataupun logam.Dengan menggunakan mata bor yang tepat dapat dibuat berbagai ukuran lubang.


Jenis-jenis mata bor:

  • Twist Bits


Jenis mata bor yang paling banyak digunakan untuk berbagai jenis mesin bor. Seperti mesin bor tangan,meja dan duduk. Untuk membuat lubang pada kayu, plastik dan besi.Tersedia dalam ∅ 4-12mm.

  • Masonry Bits

Dirancang untuk membuat lubang pada tembok dan batu.Pada ujung mata bor terdapat logam keras sebagai pemotong.Tersedia dalam ukuran ∅ 4-15 mm, lebih panjang dibandingan tipe twist.



  • Spur Bits



Dikenal dengan mata bor kayu. Mata bor dengan bagian tengah yang runcing berfungsi untuk menjaga mata bor tetap lurus dan  lubang yang dihasilkan menjadi presisi dengan diameter yang sama. Pisau pengiris terdapat pada bagian kelilingnya.Ukuran yang tersedia ∅ 6-15mm.


  • Countersink Bits



 
Mata bor ini berfungsi untuk membuat lubang 45 derajat terhadap permukaan kayu.Biasanya untuk lubang permukaan sekrup supaya sekrup terpasang rata dengan permukaan kayu.


  • Forster Bits

 
Berfungsi untuk membuat lubang engsel sendok. Menggunakan mesin bor duduk.Diameter yang tersedia adalah 15 dan 35 mm.

Engsel sendok




  • Hole Saw Bits
 Disebut dengan gergaji lubang. Untuk membuat lubang dengan diameter antara 25-60 mm.


Sumber: http://www.tentangkayu.com


45°
45°
°
°

Tidak ada komentar:

Posting Komentar