Selasa, 03 Juni 2014

Mesin Gerinda

  • Definisi Mesin Gerinda
          Mesin Gerinda adalah salah satu mesin perkakas yang digunakan untuk memotong/mengasah benda kerja dengan tujuan tertentu. Dengan prinsip kerja roda/batu gerinda berputar bersentuhan dengan benda kerja.

  • Jenis-jenis Mesin Gerinda
Mesin gerinda dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:
  1.   Gerinda Tangan

            Memiliki fungsi untuk menghaluskan, memotong, dan mengasah benda. Dapat digunakan untuk bahan-bahan dari material besi. Untuk bahan lain seperti kayu, keramik, batu alam, genteng dapat menggunakan batu gerinda yang sesuai. Perlu menggunakan alat keselamatan kerja seperti pelindung mata, masker, sepatu safety, dan sarung tangan pada waktu berkerja.

Mesin gerinda tangan dibagi menjadi 3 yaitu:
-  Daya 500-700 watt untuk memproses  benda kerja yang tidak terlalu keras seperti besi.
-  Daya  800 watt untuk memproses benda kerja yang lebih keras seperti material stainless steel, keramik, dan batu alam. Mesin ini memiliki daya tahan lebih tinggi.
- Kecepatan putaran rendah untuk material kaca.Mesin ini ada yang dapat diatur kecepatannya.Cocok juga digunakan untuk memoles bodi mobil.


     2.  Mesin Gerinda Duduk

          Berfungsi untuk mengasah mata bor, pisau dapur, mata bajak, dan berbagai perkakas pisau lainnya. Mesin ini juga dapat digunakan untuk membentuk dan membuat perkakas baru seperti membuat obeng.




   3.    Mesin Gerinda Silindris

          Digunakan untuk membuat bentuk-bentuk silindris seperti menggerinda bagian luar benda kerja berbentuk silinder dan bagian dalam benda kerja.






Sumber: http://aananwar11.blogspot.com
               http://staff.uny.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar